Lapis Legit Spesial

Selamat datang para pembaca setia NamikBua. Pada postingan kali ini kita akan membahas Lapis Legit Spesial. Lansung saja disimak dibawah ini.



Spekkoek adalah sejenis kue yang terbuat dari adonan tepung dan telur. Umumnya, spekkoek berwarna kuning dan coklat. Spikoek dapat dihias dan dihidangkan sebagai kue tart untuk acara-acara tertentu.
Spekkoek di Indonesia biasa disebut spekuk, atau dikenal juga sebagai lapis legit, merupakan resep kue Indonesia-Belanda. Kue ini berkembang selama masa kolonial Belanda di Indonesia dan merupakan kue yang terinspirasi dari kue Belanda dengan bahan lokal asli Indonesia. Kue lapis legit dibuat dari berbagai macam rempah-rempah yang memang sangat disukai oleh orang Eropa di antaranya cardamom, kayu manis, cengkih, adas manis sehingga rasanya sangat khas rempah.

Berikut resep lapis legit Spesial  :


Bahan :
  • 30 kuning telur
  • 350 gram gula bubuk
  • ½ sdt vanili bubuk
  • 300 gram mentega
  • 200 gram margarin
  • 3 sdm susu kental manis
  • 100 gram tepung terigu, ayak dengan bumbu spekkoek
  • 1 sdm bumbu spekkoek

Cara Membuat Lapis Legit :
  1. Kocok mentega dan margarin hingga lembut dan warna lebih muda, campurkan susu kental, aduk rata, sisihkan.
  2. Kocok kuning telur, gula dan vanili hingga mengembang dan kental. Masukkan sebagian demi sebagian adonan mentega sambil diaduk rata, campurankan tepung terigu, aduk rata dengan spatula.
  3. Panaskan oven dengan suhu 160°C. Siapkan loyang ukuran 22 x 22 cm, alasi dengan kertas yang diolesi mentega dan ditaburi tepung.
  4. Tuang 3 sdm adonan ke dalam loyang dan ratakan lalu panggang sampai kecokelatan. Keluarkan dari oven, ratakan permukaannya dengan punggung sendok supaya padat dan rata. Tuang lagi 3 sdm adonan, panggang hingga kecokelatan. Matikan api bawah dan nyalakan api atas. Ulangi hingga adonan habis. Panggang dengan api atas dan kecil saja.
  5. Jika adonan habis, matikan api atas dan panggang sebentar dengan api bawah supaya matang merata kira-kira 10 menit. Angkat setelah matang merata, dinginkan

Demikianlah artikel Lapis Legit Spesial. Semoga dapat menambah wawasan kita dibidang kuliner dan bermanfaat untuk anda. Sekian dulu postingan kali ini, nantikan terus update dari kami.

Jika berguna bagi Anda atau mungkin bagi Sahabat dan Saudara Anda silahkan bagikan Artikel Lapis Legit Spesial ini dengan cara klik tombol share dibawah ini.